5 Fakta Tentang Penyakit Gonore(Kencing Nanah) Yang Harus Diwaspadai

Apakah anda pernah mendengar penyakit gonore? Gonore mungkin pernah anda dengar ketika masih duduk di bangku sekolah pelajaran biologi tentang penyakit kelamin. Tapi, apakah anda tau penyakit gonore secara rinci? Baiklah, kami akan menjelaskan tentang gonore atau kencing nanah di artikel ini kepada anda. Gonore merupakan penyakit menular seksual. Hal itu berarti bahwa gonore ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman seperti berhubungan seks dengan orang yang sudah terinfeksi gonore, bergonta ganti pasangan seks, dan berhubungan seks tanpa pengaman.

5 Fakta Tentang Penyakit Gonore(Kencing Nanah)

Penyakit kelamin ini dapat menyerang siapa saja, jadi kita harus lebih berhati hati dalam memilih pasangan seks ya. Jika anda aktif berhubungan seksual alangkah baiknya anda melakukan tes penyakit kelamin atau tes HIV/AIDS secara rutin setiap 6 bulan sekali di rumah sakit atau klinik. Berikut ini adalah 5 fakta tentang penyakit gonore atau kencing nanah.

1.Gonore Disebabkan Oleh Bakteri bukan Virus

Banyak masyarakat yang keliru bahwa gonore disebabkan oleh virus. Faktanya adalah gonore disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab gonore adalah Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria dan wanita bisa terjangkit penyakit kelamin ini yang biasanya rata rata penderita gonore adalah usia 16-55 tahun. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan nanah penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Bakteri penyakit ini bisa menyerang dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan.

Penyakit Kencing Nanah Pada Pria

Bakteri penyebab gonore tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. Jadi gonore atau kencing nanah tidak menular melalui toilet, peralatan makanan , berbagi handuk, kolam renang, gelas, ciuman dan pelukan.

Contoh penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus adalah HIV/AIDS.

2.Gejala Gonore Pada Pria

Gejala gonore pada pria adalah sebagai berikut :

  • Pada ujung penis keluar kotoran berwarna putih, kuning, atau hijau
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar setelah buang air kecil
  • Gatal di sekitar kelamin
  • Sering buang air kecil
  • Rasa sakit di sekitar testis

3.Gejala Gonore Pada Wanita

Ciri penyakit gonore pada wanita adalah seabagai berikut :

  • Cairan vagina yang encer dan berwarna kuning atau hijau
  • Sering buang air kecil
  • Sensasi terbakar atau sakit saat buang air kecil
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah pada saat berhubungan seks atau setelahnya
  • Pendarahan pada saat berhubungan seks atau setelahnya, atau pendarahan berlebihan ketika mengalami menstruasi
  • Siklus menstruasi yang terganggu
  • Gatal di sekitar kelamin
  • Kelelahan

Gonore Pada Wanita

 

Waspadalah jika anda mengalami gejala tersebut. Segera cari rekomendasi pengobatan gonore atau mengkonsumsi antibiotik gonore maupun konsultasi ke dokter.

4.Dampak Penyakit Gonore(Kencing Nanah)

Penyakit gonore juga memiliki dampak seperti kemandulan, bisa menjadi penyakit HIV/AIDS, dan kuranganya kemampuan ereksi pada pria. Gonore dapat menyebabkan kemandulan khususnya pada wanita jika gonore yang dideritanya sudah cukup lama dan dibiarkan saja tanpa pengobatan. Hal ini disebabkan karena masalah keputihan yang berlebihan yang tidak kunjung sembuh sehingga mengganggu kesuburan. Baca selengkapnya di Gonore dapat menyebabkan kemandulan

Dampak Penyakit Gonore(Kencing Nanah)

Dampak gonore yang selanjutnya adalah ancaman penyakit HIV/AIDS. Gonore dan HIV/AIDS sama sama menular melalui hubungan seks dan keduanya merupakan penyakit menular seksual. Jadi jika gonore yang diderita sudah cukup parah maka dapat menjadi HIV/AIDS.

Dampak gonore/kencing nanah yang ke 3 adalah kurangnya kemampuan ereksi pada pria. Bagi penderita gonore, ketika ereksi atau ketika penis mengalami tegang maka akan mengalami penurunan dan sulit mempertahankan ereksi.

5.Gonore Sudah Kebal Antibiotik

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention yang merupakan lembaga kesehatan masyarakat nasional terkemuka Amerika Serikat dibawah Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan dan berkantor pusat di Atlanta, Georgia) menyebutkan bahwa gonore semakin kebal terhadap antibiotik.

Gonore Kebal Antibiotik

Hal itu dikemukakan dalam artikelnya “Gonore telah semakin mengembangkan resistensi terhadap obat antibiotik yang diresepkan untuk mengobatinya. Setelah penyebaran resistensi fluorokuinolon gonokokal, antibiotik cephalosporin telah menjadi dasar dari perawatan yang disarankan untuk gonore. Munculnya gonorrhoea cephalosporin akan secara signifikan mempersulit kemampuan penyedia untuk mengobati gonorrhea dengan sukses, karena kita memiliki beberapa pilihan antibiotik yang tersisa yang sederhana, dipelajari dengan baik, ditoleransi dengan baik dan sangat efektif. Sangat penting untuk terus memantau resistensi antibiotik di Neisseria gonorrhoeae dan mendorong penelitian dan pengembangan rejimen pengobatan baru.”

Jika gonore semakin sulit di obati maka korban penyakit kelamin ini akan semakin bertambah. Lindungi diri anda dari penyakit menular seksual gonore sebelum terlambat. Berikut ini adalah tips agar anda terhindar dari penyakit gonore :

  • Hindari tempat yang identik dengan aktifitas seksual beresiko tinggi seperti lokalisasi
  • Bersikap setia dengan pasangan anda
  • Menjaga kebersihan area kelamin
  • Menggunakan alat kontrasepesi (kondom)
  • Pemeriksaan rutin tes penyakit kelamin dan HIV/AIDS di rumah sakit

Pengobatan Gonore Secara Alami

Jika anda frustasi menggunakan antibiotik yang tidak kunjung sembuh, cobalah pengobatan kencing nanah dengan menggunakan tanaman herbal disekitar kita. Pengobatan kencing nanah alami bisa anda baca selengkapnya di 7 Tanaman herbal untuk kencing nanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *